8 ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN INFORMATIKA FASE E KELAS 10 TAHUN 2022



Pada Kurikulum Merdeka kita perlu memahami TP dan ATP Pembelajaran.

Berikut ini TP dan ATP Pembelajaran :

1. Elemen BK Berpikir Komputasional dan  Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan strategi algoritmik standar untuk menghasilkan beberapa solusi persoalan dengan data diskrit bervolume tidak kecil pada kehidupan sehari-har maupun implementasinya dalam program komputer

2. Elemen TIK dan  Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase E, peserta didik mampu memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari sumber data yang akan diolah menjadi informasi, baik di dunia nyata maupun di internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten tersebut.

3. Elemen SK (Sistem Komputer) dan  Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna.

4. Elemen JKI dan  Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan konektivitas jaringan lokal, komunikasi data via ponsel, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), enkripsi untuk memproteksi data pada saat melakukan penyambungan perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia.

5. Elemen AD (Analisis Data) dan  Capaian Pembelajar

Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami aspek privasi dan keamanan data, mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai sumber data, memodelkan data berbagai bidang, menerapkan siklus pengolahan data (pengumpulan, pengolahan, visualisasi, analisis, interpretasi, dan publikasi) dengan menggunakan perkakas TIK yang sesuai, serta menerapkan strategi pengelolaan data yang tepat guna dengan mempertimbangkan volume dan kompleksitasnya.

6. Elemen AP (Algoritma dan Pemrograman) dan  Capaian Pembelajar

Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan praktik baik konsep pemrograman prosedural dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural dan mampu mengembangkan program yang terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lain, berdasarkan strategi algoritmik yang tepat.

7. Elemen DSI (Dampak Sosial Informatikadan  Capaian Pembelajar

Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami hak kekayaan intelektual, lisensi, aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari produk TIK, memahami berbagai bidang studi dan profesi bidang Informatika serta peran Informatika pada bidang lain.

8. Elemen PLB (Praktik Lintas Bidang)  dan  Capaian Pembelajar

Pada akhir fase E, peserta didik mampu bergotong royong dalam tim inklusif untuk mengerjakan projek bertema Informatika dengan mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan program komputer didasari strategi algoritma yang sesuai sebagai solusi persoalan masyarakat serta mengomunikasikan produk, proses pengembangan dan manfaatnya bagi masyarakat secara lisan maupun tertulis.

TUJUAN PEMBELAJARAN 

Capaian Pembelajaran TIK
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari sumber data yang akan diolah menjadi informasi, baik di dunia nyata maupun di internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten tersebut.
  1. Mengumpulkan data sederhana yang dituangkan dalam sebuah tabel untuk dapat melaporkan sebuah informasi untuk publik dengan mengambil data di lingkungan sekolah 
  2. Mendisain sebuat surat pemberitahuan untuk orang tua siswa menggunakan teknologi mailmerge
  3. Mendisain presentasi laporan dari rekap hasil informasi yang sudah diolah dengan menampilkan ringkasan informasi, gambar/ dokumentasi, rangkuman dalam bentuk diagram
  4. Membuat folder kerja untuk dapat menyimpan file kerja secara rapi pada cloude dan dapat membagikan / share folder sesuai dengan hak akses pada pihak pihak yang membutuhkan
  5. Menggunakan mesin pencari untuk melakukan pencarian di internet secara efektif
Capaian Pembelajaran Perangkat Keras Komputer
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna.
  1. Mengidentifikasi komponen penyusun komputer yang digunakan 
  2. Membedakan fungsi komponen-komponen penyusun computer menggunakan bahasa sendiri
  3. Memahami interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna
  4. Memahami peran driver untuk menghubungan komputer dengan piranti lain seperti printer, eksternal storage 
  5. Memahami pentingnya melakukan update perangkat lunak aplikasi 
  6. Menjelaskan fungsi dan cara kerja sistem operasi menggunakan bahasa sendiri 
  7. Mempraktikkan instalasi sistem operasi dan aplikasi pada sebuah perangkat teknologi
Capaian Pembelajaran Jaringan Komputer
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan konektivitas jaringan lokal, komunikasi data via ponsel, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), enkripsi untuk memproteksi data pada saat melakukan penyambungan perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia.
  1. Menjelaskan perbedaan jaringan lokal dan internet
  2. Membandingkan tujuan utama jenis jaringan komputer berdasarkan pengelompokan masingmasing
  3. Menganalisis kelemahan dan kelebihan jenis jaringan yang digunakan dalam sebuah sekolah
  4. Menjelaskan jenis-jenis konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel
  5. Merancang konfigurasi jenis jaringan komputer sederhana yang akan digunakan pada sebuah ruangan berdasarkan perangkat dan layout ruangan yang disediakan
  6. Menguraikan sistem komunikasi dalam jaringan
  7. Membangun setting Jaringan dan internet
  8. Menjelaskan pentingnya proteksi data pribadi saat terhubung ke jaringan internet
  9. Menjelaskan konsep enkripsi dan implementasinya untuk memproteksi data 
Pembagian Pembelajaran bisa dilihat di Folder Share Google Drive



 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url