8 ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN INFORMATIKA FASE E KELAS 10 TAHUN 2022
Pada Kurikulum Merdeka kita perlu memahami TP dan ATP Pembelajaran.
Berikut ini TP dan ATP Pembelajaran :
1. Elemen BK Berpikir Komputasional dan Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan strategi algoritmik
standar untuk menghasilkan beberapa solusi persoalan dengan data
diskrit bervolume tidak kecil pada kehidupan sehari-har maupun
implementasinya dalam program komputer
2. Elemen TIK dan Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memanfaatkan berbagai aplikasi
secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari sumber
data yang akan diolah menjadi informasi, baik di dunia nyata maupun di
internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran
(pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomasinya untuk
mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi
dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi
konten tersebut.
3. Elemen SK (Sistem Komputer) dan Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami peran sistem operasi
dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat
keras, perangkat lunak, dan
pengguna.
4. Elemen JKI dan Capaian Pembelajaran
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan konektivitas jaringan
lokal, komunikasi data via ponsel, konektivitas internet melalui jaringan
kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), enkripsi untuk memproteksi
data pada saat melakukan penyambungan perangkat ke jaringan lokal
maupun internet yang tersedia.
5. Elemen AD (Analisis Data) dan Capaian Pembelajar
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami aspek privasi dan
keamanan data, mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai
sumber data, memodelkan data berbagai bidang, menerapkan siklus
pengolahan data (pengumpulan, pengolahan, visualisasi, analisis,
interpretasi, dan publikasi) dengan menggunakan perkakas TIK yang
sesuai, serta menerapkan strategi pengelolaan data yang tepat guna
dengan mempertimbangkan volume dan kompleksitasnya.
6. Elemen AP (Algoritma dan Pemrograman) dan Capaian Pembelajar
Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan praktik baik konsep
pemrograman prosedural dalam salah satu bahasa pemrograman
prosedural dan mampu mengembangkan program yang terstruktur
dalam notasi algoritma atau notasi lain, berdasarkan strategi algoritmik
yang tepat.
7. Elemen DSI (Dampak Sosial Informatika) dan Capaian Pembelajar
Pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami sejarah
perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami hak kekayaan
intelektual, lisensi, aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial
dari produk TIK, memahami berbagai bidang studi dan profesi bidang
Informatika serta peran Informatika pada bidang lain.
8. Elemen PLB (Praktik Lintas Bidang) dan Capaian Pembelajar
Pada akhir fase E, peserta didik mampu bergotong royong dalam tim
inklusif untuk mengerjakan projek bertema Informatika dengan
mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan program komputer didasari strategi algoritma
yang sesuai sebagai solusi persoalan masyarakat serta
mengomunikasikan produk, proses pengembangan dan manfaatnya bagi
masyarakat secara lisan maupun tertulis.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran TIK
Pada akhir fase E, peserta didik
mampu memanfaatkan
berbagai aplikasi secara
bersamaan dan optimal untuk
berkomunikasi, mencari sumber
data yang akan diolah menjadi
informasi, baik di dunia nyata
maupun di internet, serta mahir
menggunakan fitur lanjut
aplikasi perkantoran (pengolah
kata, angka, dan presentasi)
beserta otomasinya untuk
mengintegrasikan dan
menyajikan konten aplikasi
dalam berbagai representasi yang
memudahkan analisis dan
interpretasi konten tersebut.
- Mengumpulkan data sederhana yang dituangkan dalam sebuah tabel untuk dapat melaporkan sebuah informasi untuk publik dengan mengambil data di lingkungan sekolah
- Mendisain sebuat surat pemberitahuan untuk orang tua siswa menggunakan teknologi mailmerge
- Mendisain presentasi laporan dari rekap hasil informasi yang sudah diolah dengan menampilkan ringkasan informasi, gambar/ dokumentasi, rangkuman dalam bentuk diagram
- Membuat folder kerja untuk dapat menyimpan file kerja secara rapi pada cloude dan dapat membagikan / share folder sesuai dengan hak akses pada pihak pihak yang membutuhkan
- Menggunakan mesin pencari untuk melakukan pencarian di internet secara efektif
Capaian Pembelajaran Perangkat Keras Komputer
Pada akhir fase E, peserta didik
mampu memahami peran
sistem operasi dan mekanisme
internal yang terjadi pada
interaksi antara perangkat
keras, perangkat lunak, dan
pengguna.
- Mengidentifikasi komponen penyusun komputer yang digunakan
- Membedakan fungsi komponen-komponen penyusun computer menggunakan bahasa sendiri
- Memahami interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna
- Memahami peran driver untuk menghubungan komputer dengan piranti lain seperti printer, eksternal storage
- Memahami pentingnya melakukan update perangkat lunak aplikasi
- Menjelaskan fungsi dan cara kerja sistem operasi menggunakan bahasa sendiri
- Mempraktikkan instalasi sistem operasi dan aplikasi pada sebuah perangkat teknologi
Pada akhir fase E, peserta didik
mampu menerapkan konektivitas
jaringan lokal, komunikasi data via
ponsel, konektivitas internet
melalui jaringan kabel dan
nirkabel (bluetooth, wifi,
internet), enkripsi untuk
memproteksi data pada saat
melakukan penyambungan
perangkat ke jaringan lokal
maupun internet yang tersedia.
- Menjelaskan perbedaan jaringan lokal dan internet
- Membandingkan tujuan utama jenis jaringan komputer berdasarkan pengelompokan masingmasing
- Menganalisis kelemahan dan kelebihan jenis jaringan yang digunakan dalam sebuah sekolah
- Menjelaskan jenis-jenis konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel
- Merancang konfigurasi jenis jaringan komputer sederhana yang akan digunakan pada sebuah ruangan berdasarkan perangkat dan layout ruangan yang disediakan
- Menguraikan sistem komunikasi dalam jaringan
- Membangun setting Jaringan dan internet
- Menjelaskan pentingnya proteksi data pribadi saat terhubung ke jaringan internet
- Menjelaskan konsep enkripsi dan implementasinya untuk memproteksi data
Pembagian Pembelajaran bisa dilihat di Folder Share Google Drive